“Evolusi Dua Serigala” adalah salah satu materi mematikan milik unit cecadas pengusung musik logam berat asal pulau dewata, Parau, yang belum lama ini sempat masuk ke inbox kami. Sebenarnya lagu ini adalah materi lama yang diambil dari album penuh kedua mereka bertitel Somatoform yang telah dirilis pada 2010 lalu—namun karena baru sampai ke kami, jadi baru sekarang kami sempat publikasikan.
Dari sisi musikal, kombinasi elemen death metal yang diramu dengan karakter metalcore merupakan ciri kuat yang dimiliki band kebanggaan skena musik ekstrem Bali ini. Sedangkan dari sisi non-musikal, Parau terbilang cukup peka terhadap realitas sosial dan berhasil memotret fenomena yang ada ke dalam lagu-lagunya sebagai respon atas jalannya lingkar kehidupan.
Tembang nomor tiga dalam daftar trek Somatoform, “Evolusi Dua Serigala” ini—merepresentasikan dua sisi yang memiliki dominasi kuat dalam diri manusia: iblis dan malaikat. Dan dua sisi yang sangat bertolak belakang ini bertarung hebat untuk menguasai jiwa manusia.
Unduh singel “Evolusi Dua Serigala” melalui link yang tertera di bawah untuk mencicipi macam mana sensasi logam berat yang ditawarkan band potensial ini—dan selanjutnya beli album mereka yang dirilis di bawah bendera Armstretch Records sebagai wujud apresiasi terhadap karya-karya mereka ciptakan. (*)