Tak ada yang benar-benar aman di antara kontestan-kontestan Liga Champions yang akan berlaga tengah pekan ini. Serunya, yang dipertaruhkan bukan hanya nama klub, tetapi juga nama negara.

Mari mulai dari laga antara Chelsea vs Napoli. Laga ini terbilang menarik lantaran I Partenopei punya keunggulan 3-1. Namun, keunggulan tersebut bakal sia-sia jika The Blues menang dengan skor minimal 2-0. Peluang Juan Mata dkk. belum sepenuhnya habis, apalagi mereka punya keunggulan bermain di kandang sendiri.

Catatan lainnya, performa Chelsea semenjak kursi manajer diduduki Roberto Di Matteo tengah bagus. Dua kemenangan berhasil mereka raih; satu di ajang Piala FA dan satu di Premier League.

Laga melawan Napoli pun bakal menjadi ujian pria asal Italia itu ajang kompetisi Eropa. Namun, patut diingat, Napoli kini tengah menanjak. Lima laga terakhir Seri A semuanya mereka sapu dengan kemenangan.

Andai lolos, maka Chelsea akan menjadi satu-satunya wakil Inggris yang tersisa. Dua wakil Inggris lainnya, Manchester United dan Manchester City, sudah lebih dulu tersingkir di fase grup. Sementara Arsenal tertunduk di hadapan AC Milan, meski menang 3-0 di leg kedua.

Wakil Italia lainnya, Inter Milan, juga tengah berada dalam posisi yang tak menguntungkan lantaran kalah 0-1 dari Olympique Marseille di pertemuan perdana. Tetapi, kalah 0-1 bukanlah kiamat. La Beneamata punya kesempatan untuk membalikkan keadaan di kandang sendiri. Inter punya momentum setelah mengakhiri puasa tanpa kemenangan pada akhir pekan lalu dengan menundukkan Chievo 2-0.

Tapi, Marseille punya catatan bagus kala berhadapan dengan tim-tim Italia. Dalam enam pertemuan terakhir dengan tim asal Italia, mereka selalu berhasil mencetak gol. Mereka juga punya catatan bagus atas Inter; tiga kemenangan dalam tiga pertemuan terakhir, yang mana semuanya berakhir dengan skor 1-0. Marseille pun ikut menanggung nama wakil Prancis lantaran tingal merekalah satu-satunya wakil setelah Olympique Lyon disingkirkan APOEL FC.

Bagaimana dengan Real Madrid? Kemenangan mereka di kandang CSKA Moskow buyar lantaran gol di menit-menit akhir, yang akhirnya membuat laga berakhir menjadi 1-1. Performa bagus Los Blancos musim ini sesungguhnya tak bisa dibantah. Setelah kalah dari Barcelona, Madrid selalu berhasil meraih kemenangan di La Liga. Hasilnya, mereka unggul 10 poin atas sang rival di klasemen sementara saat ini.

Yang terakhir adalah laga antara Bayern Munich melawan FC Basel. Bayern berada dalam keadaan tertinggal 0-1, tetapi kepercayaan diri mereka tengah bagus setelah meraih kemenangan 7-1 atas Hoffenheim di Bundesliga. Hanya saja, Basel bukanlah tim yang sama seperti Hoffenheim.

“Kemenangan atas Hoffenheim akan memberi kami kepercayaan diri untuk (pertandingan) hari Selasa nanti,” komentar Pelatih Bayern Jupp Heynckes di Reuters.

Bayern kini menjadi satu-satunya wakil Jerman yang tersisa. Mereka juga punya catatan bagus jika bermain di kandang dalam kancah Eropa; 11 kemenangan dalam 12 laga terakhir.

Jadwal Pertandingan

Rabu (13/3/2012) dinihari WIB
Inter Milan vs Olympique Marseille
Bayern Munich vs FC Basel

Kamis (14/3/2012) dinihari WIB
Real Madrid vs CSKA Moskow
Chelsea vs Napoli

Posted with WordPress for BlackBerry.