Kontestan Liga Champions musim 2011/2012 sudah mengerucut menjadi delapan. Baru kali ini sejak 12 tahun silam, peserta delapan besar berasal dari tujuh negara.

Chelsea menjadi penyelamat muka Inggris setelah lolos dari lubang jarum. Kalah 1-3 di leg pertama, mereka berhasil mengalahkan Napoli 4-1 di leg kedua tadi malam di Stamford Bridge.

Alhasil The Blues menjadi satu-satunya wakil Inggris yang masih bertahan di kompetisi ini setelah Arsenal disingkirkan AC Milan di babak 16 besar, sedangkan Manchester United dan Manchester City bahkan tidak lolos dari fase grup.

Selain Inggris, Jerman juga diwakili satu tim, yakni Bayern Munich, yang menembus babak perempatfinal lewat kemenangan agregat 7-1. Klub Jerman lain yang mengikuti knockout, Bayer Leverkusen, masuk kotak setelah dihempaskan Barcelona 2-10 dalam dua leg.

Faktanya, hanya Spanyol yang menempatkan lebih dari satu wakilnya di babak delapan besar. Selain Barca, Real Madrid juga lolos setelah mengatasi CSKA Moskow.

Empat tim lain mewakili empat negara, yakni APOEL Nicosia (Siprus), Milan (Italia), Benfica (Portugal), dan Marseille (Prancis).

Statistik Opta mencatat, ini adalah musim dengan sebaran negara terbanyak di babak delapan besar kejuaraan antarklub Eropa ini, sejak musim 1996/1997. Ketika itu bahkan ada delapan klub dari delapan negara: Borussia Dortmund (Jerman), Auxerre (Prancis), Ajax (Belanda), Atletico Madrid (Spanyol), Rosenborg (Norwegia), Juventus (Italia), Manchester United (Inggris), dan Porto (Portugal). Di musim itu yang lolos ke final adalah Dortmund dan Juventus. Dortmund menang di final dengan skor 3-1.

Sumber : detik.com