1. Pendahuluan
    1. Nama dan Alamat Perusahaan

Nama perusahaan      : PT. Kapal Elektrik

Alamat perusahaan    : Jalan Raya Kapal Nomor 99

Bentuk perusahaan    : Perseroan Terbatas (PT)

  1. Deskripsi Aspek
    1. Latar Belakang Industri

Latar belakang saya mendirikan PT. Kapal Elektrik adalah untuk menyediakan alat-alat dan  bahan-bahan listrik dan mencari peluang usaha karena terbatasnya toko listrik bagi konsumen di kabupaten badung

  1. Keunikan Produk atau Pelayanan

Kami menyediakan berbagai macam kebutuhan alat maupun bahan-bahan listrik yang mempunyai keunggulan kualitas. Kami juga menyediakan jasa antar barang sampai kerumah konsumen.

  1. Aspek Pemasaran
    1. Penelitian dan Analisis

                       I.        Target Pasar atau Konsumen

Target kami adalah mampu menyediakan alat dan bahan untuk beberapa Instalatir yang ada di seputaran badung sehingga dapat mengadakan kerjasama dalam hal penyediaan alat dan bahan. Sehingga di masa mendatang kami mempunyai langganan tetap

                   II.        Situasi Persaingan

Untuk sementara khususnya di wilayah badung kami memiliki pesaing di Desa Werdi Bhuana dan di Desa Kerobokan.

  1. Rencana Pemasaran
    1. Strategi Pasar

Strategi yang kami gunakan adalah dengan membuat kartu tanda anggota member sebagai langganan di PT. Kapal Elektrik dan kartu ini bila dipergunakan untuk belanja akan mendapatkan potongan harga sebesar 10 %.

 

 

  1. Masalah Penetepan Harga

Masalah penetapan harga akan disesuaikan dengan harga pasar atau bahkan akan kami usahakan agar harga di perusahaan kami lebih murah dari perusahaan lain sehingga diharapkan konsumen akan datang berbelanjan ke perusahaan kami.

  1. Periklanan dan Promosi

Untuk promosi kami akan melakukan dengan cara memberikan potongan harga dan gratis jasa antar alat dan bahan sampai ke tempat konsumen pada hari pertama perusahaan kami buka. Kami juga akan menyebarkan brosur, memasang iklan di koran serta melakukan promosi di dunia maya melalui web ataupun jaringan sosial seperti Facebook dan Twitter.

  1. Aspek Pabrik
    1. Kebutuhan Produksi

Untuk produksi alat dan bahan listrik, kami akan mendatangkannya langsung dari pabriknya sehingga kami tidak mengeluarkan biaya produksi alat dan bahan listrik.

  1. Penyuplai

Untuk menyuplai barang dan alat listrik kami akan membeli satu unit mobil box yang akan kami gunakan untuk mengangkut alat dan bahan langsung dari pabriknya dan akan kami gunakan juga sebagai jasa antar basarng ke tempat konsumen.

  1. Tenaga kerja

Tenaga kerja yang kami butuhkan adalah untuk jasa penyuplai 2 orang yang bertugas mengangkut alat dan ahan listrik dari pabrik ke perusahaan maupun mengangkut barang ke tempat konsumen.

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Aspek Manajemen

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Aspek Finansial

No.

Keterangan

Jumlah

No.

Keterangan

Jumlah 

1.

Besar saham

Rp 75.000.000

1.

Beli alat dan bahan

Rp 15.000.000

 

 

 

2.

Beli mobil box

Rp 25.000.000

 

 

 

3.

Gaji karyawan

Rp 10.000.000

 

 

 

4.

Biaya bangunan

Rp 25.000.000

 

 

Rp 75.000.000

 

 

Rp 75.000.000

 

Perkiraan laba pada bulan pertama adalah :

500 konsumen x 5000 ( keuntungan/bahan) =  Rp 2.500.000